Nomba Muda Blog

Wish it goes like a nothing to something..

1. tuliskan langkah-langkah install Joomla offline (dr extrack file joomla s/d hapus folder installation)
Pertama extract file joomla dari joomla.rar di drive E:
Jika sudah di ekstract maka buka MySQl Front buka localhost dan buat database baru dengan cara klik menu Database>New>Database dan buat database baru, contoh buat dengan nama joomla dan klik ok lalu minimize MySQl anda.
Jika sudah maka buka browser internet anda, contoh mozilla firefox lalu pada address bar ketik localhost maka akan tampil isi dari darive E:, dan buka folder extract-kan dari joomla.rar tadi maka halaman awal dari joomla web intaller akan muncul.
Maka akan tampil Halaman pemilihan bahasa yang digunakan, dan kita pilih English karena bahasa Indonesia tidak ada.
Lalu akan tampil Pre-installation Check disini akan menampilkan informasi kebutuhan system yang diperlukan untuk penginstallan joomla, jika sudah memadai maka akan tampil yes pada semua tab spesifikasinya dan klik next.
Lalu akan tampil licence aggrement setuju saja dan lalu klik next.
Dan akan tampil Database Configuration pada tab basic setting pilih MySQL untuk database type, localhost pada host name, praktek pada user name, dan isikan password sesuai dengan yang anda inginkan contoh mahasiswa, lalu nama database yang telah anda buat tadi, contoh joomla tadi pada database name lalu next.
Maka akan tampil FTP Configuration dan langsung klik next.
Lalu akan tampil Main Configuration dan isikan site namenya, contoh Gado – gado Online, Lalu isikan E-mail anda, dan masukkan admin password, contoh admin dan isikan yang sama pada confirm admin password, jika anda ingin memasukkan sampledata pada web anda maka klik Install Sample data dan klik next.
Maka installasi selesai dan akan tampil Finish pada layar dan klik tombol admin dan masukkan username admin dan password anda tadi maka halaman awal dari web joomla anda akan tampil.
Lalu hapus folder installation pada drive E: tempat kita mengektrak joomla.rar tadi dan intallasi selesai.

2. jelaskan fungsi dari :
• Artikel Manager Tempat untuk menagtur keseluruhan dari aktifitas artikel termasuk menambah baru, edit, dan menghapus artikel – artikel yang anda buat pada web joomla anda.
• Front Page Manager : Tempat untuk menagtur keseluruhan dari aktifitas semua item yang ada pada halaman utama web joomla anda termasuk menambah baru, edit, dan menghapus sesuatu yang ada pada halaman utama web joomla anda.
• Category manager : Tempat untuk menagtur keseluruhan dari aktifitas kategori yang ada termasuk menambah baru, edit, dan menghapus semua kategori yang ada pada web joomla anda.
• Section Manager : Menu yang memungkinkan anda menambah atau mengedit section ( bagian ) .
• Media Manager : Menu yang memungkinkan anda untuk menambah apapun ke dalam web joomla anda dan anda juga dapat menghapus serta mengeditnya.
• Menu Manager : Tempat untuk mengatur seluruh menu yang ada pada web joomla anda dan juga memungkinkan anda untuk menambah serta mengapus, serta mengeditnya.
• Language manager : Tempat untuk anda memilih bahasa yang anda gunakan pada web joomla anda.
• User manager : Menu untuk menampilkan user yang sedang aktif mengakses web joomla anda.
• Global Configuration : Tempat untuk mengatur settingan dasar dar web joomla anda .

0 comments:

Post a Comment

Blog List - Cyber