Nomba Muda Blog

Wish it goes like a nothing to something..

1. Rekayasa Web
Rekayasa web adalah proses yang diunakan untuk menciptakan aplikasi web yang
berkualitas tinggi. Rekayasa web mengadaptasi rekayasa perangkat lunak dalam hal
konsep dasar yang menekankan pada aktifitas teknis dan manajemen. Namun
demikian adaptasi tidak secara utuh, tapi dengan perubahan dan penyesuaian.
Rekayasa web gabungan antara web publishing (suatu konsep yang berasal dari
printed publishing) dan aktifitas rekayasa perangkat lunak. Dikatakan demikian
karena desain sebuah aplikasi web menekankan pada desain grafis, desain
informasi, teori hypertext, desain sistem dan pemrograman.
_Umi Proboyekti, S.Kom, MLIS




2. Blog
Blog merupakan singkatan dari "web log" adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Posting-posting tersebut seringkali dimuat dalam urutan secara terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web semacam itu biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
_id.wiki.detik.com




3. Front End & Back End
Front-End itu yang berinteraksi dengan user, yang mengantarkan input user ke back-end untuk diproses oleh si Back-End.

Back-End ini yang memproses input user dari Front-End, lalu mengantarkan outputnya ke Front-End lagi untuk ditampilkan oleh si Front-End.

Hampir semua program berguna terdiri dari si duo 'End' ini.
_callmerey.co.cc




4. Internet
Secara harfiah, internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.
_id.wikipedia.org



5. Web

Jejaring Jagat Jembar ("JJJ") atau World Wide Web ("WWW", atau singkatnya "Web") adalah suatu ruang informasi yang yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier (URI) untuk mengidentifikasi sumber-sumber daya yang berguna. JJJ sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripadanya.

Hiperteks dilihat dengan sebuah program bernama penjelajah web yang mengambil informasi (disebut "dokumen" atau "halaman web") dari peladen web (server web) dan menampilkannya, biasanya di sebuah tampilan komputer. Kita lalu dapat mengikuti pranala di setiap halaman untuk pindah ke dokumen lain atau bahkan mengirim informasi kembali kepada peladen untuk berinteraksi dengannya. Ini disebut "surfing" atau "berselancar" dalam bahasa Indonesia. Halaman web biasanya diatur dalam koleksi material yang berkaitan yang disebut "situs web". _id.wikipedia.org



6. HTML

HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C).

Versi terakhir dari HTML adalah HTML 4.01, meskipun saat ini telah berkembang XHTML yang merupakan pengembangan dari HTML.

_id.wikipedia.org



7. Contoh HTML Sederhana

3 comments:

nggak ada contoh cara pembuatan aplikasinya

kunjungi blog saya
http://perdanaweb.mahasiswa.atmaluhur.ac.id

dan kunjungi juga
http://www.atmaluhur.ac.id

Terimakasih kakak atas artikel nya, terus tulis artikel lainnya ya kak. O iya, perkenalkan nama saya Putri Amelia Nim 1622520017 dari kampus ISB Atma Luhur

Hai kak terima kasih ya telah berbagi ilmu...
Sukses selalu kak...
Perkenalkan kak,Saya Arta Uli Opi dari ISB Atma Luhur

Post a Comment

Blog List - Cyber